Hukum Hewan Hasil Persilangan Semisal Blengong


Bagaimana hukum hewan hasil perkawinan silang antara dua binatang yang berbeda semisal Blengong yang terkenal di daerah Brebes dan Tegal? Halal atau haram? Terima kasih atas jawabannya.

Blengong adalah sejenis unggas hasil perkawinan silang antara bebek dan entog, sehingga memunculkan unggas baru bernama blengong. Blengong merupakan unggas endemik yang hanya bisa ditemui di Brebes dan Tegal.

Sejak puluhan tahun silam, daging blengong telah diolah menjadi ragam kuliner dalam bentuk blengong bakar, sate blengong, atau blengong gulai yang disuguhkan bersama kupat atau biasa disebut kupat blengong.

Lalu bagaimanakah hukum mengonsumsi daging blengong?

Para ulama sepakat bahwa anak yang dilahirkan dari perkawinan silang dua jenis binatang yang sama-sama halal, maka halal pula hukum mengonsumsinya.

Blengong adalah hasil perkawinan silang dua unggas, yakni bebek dan entog, yang keduanya sama-sama unggas yang terkategori thayyib (baik), sehingga keduanya sama-sama halal. Karena itu, sudah barang tentu blengong halal dimakan.

Yang diharamkan adalah hewan yang lahir dari perkawinan silang antara hewan yang halal dimakan dan hewan yang haram dimakan, atau kedua-duanya hewan yang haram dimakan.

Dr. Shalih bin Fauzan dalam salah satu kitabnya menjelaskan, hewan yang lahir dari hewan yang halal dimakan dan yang tidak halal dimakan adalah haram untuk dimakan karena itu adalah hewan yang berasal dari dua makhluk hewan yang boleh dimakan dan tidak boleh dimakan, sehingga sisi pelarangan yang lebih mendominasi. 

Juga karena dia lahir dari hewan yang diharamkan, sehingga dia juga mendapatkan hukumnya. Karenanya, bighal diharamkan karena dia adalah keturunan dari keledai jinak dengan kuda, demikian pula diharamkan anjing hutan karena dia adalah keturunan dari serigala dengan hyena, baik yang boleh dimakan itu dari pihak induk jantan maupun betinanya.

Demikian menjadi jelas terkait hukum hewan hasil perkawinan silang. Wallahu a’lam.

*Pertanyaan seputar Fikih Kuliner, silahkan dikirim melalui WhatsApp: 081347014686.