√ Naik Trans Jateng, Tamasya Keluarga ke Semarang Zoo - Kangasti ID

Naik Trans Jateng, Tamasya Keluarga ke Semarang Zoo

 

Berfoto bersama formasi lengkap di Semarang Zoo. (Foto: dokumentasi keluarga)

Senin, 11 Juli 2022

 

Seingat saya, ini kali ketiga kami bertamasya ke Semarang Zoo atau yang lebih terkenal dengan sebutan "Bonbin Mangkang" atau "Taman Margasatwa Semarang". Pertama kali ke sini saat Hanum—anak ragil saya masih kecil. Tepatnya tahun berapa lupa, tapi kami masih menyimpan foto-fotonya. Ketika itu, Hanum minta naik gajah. Sedang dua kakaknya, Bina dan Mumtaz, memilih uji nyali dengan flying fox.

 

Kali kedua ke Taman Margasatwa Mangkang tahun 2017, tepatnya hari Minggu, 24 Desember. Saya ingat persis tanggal dan tahunnya karena salah satu sesi foto bersama dengan latar salah satu sudut di ruang museum satwa terpajang di dinding rumah. Piknik ke Bonbin Mangkang kedua kali ini, Mamak Tukirah—khadimat kami—ikut serta bersama anak perempuannya, Mbak Kiki. Ikut juga keponakan saya, Muti’.

 

Tamasya keluarga ke Bonbin Mangkang yang ketiga kali ini memanfaatkan sisa liburan ketiga anak kami, yang masing-masing akan segera kembali aktif sekolah. Apa yang menarik dari tamasya ke Bonbin Mangkang kali ini? Target wisatanya mungkin biasa—karena sudah yang kesekian kalinya, tapi cara kami menuju ke Semarang Zoo yang “tak biasa”.

 

Hanum berfoto dengan latar belakang unta di Bonbin Mangkang. (Foto: dokumentasi keluarga)

Ya, biasanya kami naik mobil, tapi  kali ini kami “bereksperimentasi” dengan naik moda transportasi umum Trans Jateng koridor VI dengan rute Semarang-Grobogan (Godong) yang baru diresmikan pada Oktober 2021 lalu oleh Pak Ganjar Pranowo (Gubernur Jateng). Selain "nyaman", naik bus Trans Jateng juga lebih hemat secara ongkos. Di luar itu, sebagai pengalaman baru—agar lebih seru.

 

Kami start dari Terminat Godong ke Terminal Penggaron per orang tiketnya hanya Rp 4.000. Kami berlima, jadi total Rp 20.000. Lalu dari Terminal Penggaron menuju ke Terminal Mangkang per orang tiketnya Rp 3500. Kami berlima jadi Rp 17.500.

 

Dari Terminal Mangkang kami beralih naik bus angkutan umum menuju ke Semarang Zoo (jalan kaki sebenarnya bisa sih, karena agak dekat, tapi cukup memegalkan kaki) dengan tarif Rp 3.000 per orang. Kami berlima Rp 15.000. Jadi total biaya pergi ke Mangkang dari Godong—tempat tinggal kami, “hanya” butuh biaya Rp 52.500.

 

Bila pulang dan pergi menggunakan moda transportasi yang sama, berlima hanya menghabiskan dana Rp 105.000 (seratus lima ribu rupiah). Cukup ekonomis. Di bus, bisa santai sembari ngantuk bersama hahaha...Kekurangnnya, kami tidak bisa leluasa mampir ke mana-mana, termasuk ke objek lain yang kami tuju.

 

Destinasi Wisata Keluarga

Bonbin Mangkang tak banyak berubah. Maklum, habis terdampak badai pandemi Covid-19. Selama pandemi, Semarang Zoo tutup total. Pengelola tentu rugi, karena harus mengeluarkan biaya makan hewan-hewan yang ada di dalamnya dan menggaji pegawainya.

 

Namun alhamdulillah, setelah pandemi mereda dan objek wisata kembali boleh dibuka, Bonbin Mangkang kembali ramai. Meski kami datang bukan saat weekend, Bonbin Mangkang lumayan ramai. Tiketnya pada hari biasa Rp 20.000 per orang, sedang saat Weekend (Sabtu dan Minggu) Rp 30.000 dengan bonus 1 kali permainan (di wahana permainan khusus) di lokasi untuk satu tiketnya.

 

Orang utan dan harimau, di antara binatang koleksi di Semarang Zoo. (Foto: dokumentasi keluarga)

Untuk koleksi binatang, sependek yang saya tahu, tak banyak berubah. Namun, kami tetap semangat "menyisir" semua kandang hewan. Mulai dari area reptil (ular, kura-kura) hingga area burung, monyet, orang utan, harimau, singa, rusa, unta, buaya, dan banyak lagi.


Setelah capek berkeliling, kami rehat sejenak. Sedang istri menemani Hanum memanfaatkan bonus permainan. Lima tiket berarti gratis lima kali permainan. 

 

Bonbin Mangkang ini memang cocok sebagai tujuan tamasya keluarga, terutama untuk nak-anak. Selain mengenalkan aneka satwa, banyak wahana permainan di area ini, antara lain naik becak air, ATV, flying fox, mini waterboom, dan lain sebagainya.

 

Bonbin Mangkang (Semarang Zoo) beralamat di Jalan Walisongo KM 16, tepatnya di seberang terminal Mangkang, Semarang. Bila hari-hari biasa, Bonbin Mangkang buka dari jam 08.00 hingga 15.00. Namun bila weekend (Sabtu dan Minggu), Semarang Zoo buka mulai jam 08.00 hingga 16.00. 

 

*Badiatul Muchlisin Asti, Citizen Journalist

Dapatkan notifikasi tulisan terbaru dari blog ini

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.