√ Tentang Saya - Kangasti ID

Saya saat menjadi salah satu narasumber acara talkshow literasi

Badiatul Muchlisin Asti, seorang writerpreneur, bookpreneur, blogger, youtuber, pegiat literasi, mentor menulis, dan public speaker. Mentor menulis di Mumtaz Training Center (MTC), Direktur CV. Hanum Publisher, Founder Rumah Pustaka BMA, dan Ketua Yayasan Mutiara Ilma Nafia Grobogan.

 

Menulis lepas di koran dan majalah sejak tahun 1994. Tulisannya berupa artikel opini, esai, resensi buku, feature, dan lainnya dimuat di Jawa Pos, Sindo, Koran Jakarta, Suara Merdeka, Jateng Pos, Koran Muria, Solopos, Tribun Jateng, Tribun Jogja, Lampung Post, Riau Post, Kedaulatan Rakyat, Duta Masyarakat, Radar Madura, Kabar Madura, Harian Bhirawa, Hidayah, Alkisah, Suara Hidayatullah, Annida (sudah tak terbit), Ummi (sudah tak terbit), Sabili (sudah tak terbit), dan sebagainya.

 

Sejak tahun 2004 juga menulis buku, dan hingga kini lebih dari 60 bukunya telah diterbitkan oleh berbagai penerbit terkemuka di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, dan Solo. Bukunya Menempuh Jalan ke Surga  diterbitkan penerbit Quanta, Elexmedia Komputindo, Kompas-Gramedia Group. Pengalamannya menulis di koran sejak tahun 1994, dalam bentuk opini, dituangkan dalam sebuah buku sederhana sebagai panduan bagi pemula dengan judul Buku Sakti Menulis Opini, diterbitkan oleh Hanum Publisher, cet. ke-2 Agustus 2019.

 

Selain dunia kepenulisan, juga aktif atau pernah aktif di pelbagai bidang lain, antara lain di bidang social empowerment sebagai Sekretaris Forum Masyarakat Madani Peduli Kesehatan Ibu dan Anak (FMM KIA) Kabupaten Grobogan (sudah tidak aktif) dan Pengurus Bidang Program Perkumpulan Keluarga Berecana Indonesia (PKBI) Cabang Grobogan (sudah tidak aktif);  dan di bidang pemberantasan korupsi sebagai Koordinator Bidang Pendidikan Antikorupsi DPD Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) Provinsi Jawa Tengah (sudah tidak aktif). Sedang yang masih aktif dilakoninya sampai kini adalah sebagai Koordinator Bidang Komunikasi Media DPC Forum Santri Indonesia (FSI) Kabupaten Grobogan.

 

Kegemarannya di bidang kuliner tradisional Nusantara mengantarnya menulis beberapa buku kuliner, di antaranya Kumpulan Resep Masakan Tradisional Dari Sabang Sampai Merauke yang diterbitkan oleh penerbit Media Pressindo, Jogjakarta (2009). Juga mengelola blog khusus kuliner, Jatengnyamleng.id dan channel YouTube khusus kuliner, Jatengnyamleng ID.

 

Dalam berbagai aktivitasnya, aktif juga mengisi pelbagai pelatihan, workshop, lokakarya, seminar di bidang jurnalistik, penulisan esai, opini, dan buku. Terakhir, tahun 2020 menjadi salah satu mentor menulis esai pada program Bengkel Bahasa dan Sastra Balai Bahasa Jawa Tengah (BBJT).

 

Kerjasama dan silaturahmi hubungi via surat elektronik: badiatulmuchlisinasti@gmail.com. Kunjungi personal blog saya: www.kangasti.id dan channel Youtube saya, Badiatul Muchlisin Asti. Jangan lupa subscribe ya! Matur nuwun.   

 

Salam literasi!

 

Tentang Saya

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.