Kwaran Pulokulon Gelar Pesta Siaga Pertama Pascapandemi

Upacara pembukaan Pesta Siaga yang diadakan oleh Kwaran Pulokulon pada Sabtu (25/02/2023). (Jamilatul Istiqomah)
 
Dalam rangka membangun tujuan gerakan pramuka, Kwartir Ranting (Kwaran) Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan menggelar Pesta Siaga pada Sabtu, (25/02/ 2023) yang diikuti perwakilan sekolah dasar se-Kecamatan Pulokulon. Upacara pembukaan pesta siaga dipusatkan di halaman Balai Desa Panunggalan.

Penanggung Jawab Pesta Siaga, Marmo, S.Pd.,M.M, dalam sambutannya menyatakan rasa bersyukurnya bahwa kegiatan pesta siaga bisa terlaksana kembali setelah vakum akibat pandemi Covid-19. Menurutnya, cuaca yang cerah menandakan bahwa pesta siaga Kwaran Pulokulon mendapatkan rida dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Mengingat kurang lebih dua tahun lamanya pesta siaga tidak bisa diadakan karena pandemi Covid-19. Kini saya merasa sangat senang, kita semua bisa mengadakan pesta siaga kembali. Kegiatan ini semoga berjalan sesuai rencana, lancar, dan juri memberikan nilai dengan adil,” kata Marmo lebih lanjut.

Sementara itu Ketua Panitia Pesta Siaga, Supriyadi, S.Pd menyatakan, nantinya peserta yang berhasil meraih juara tergiat 1 akan mewakili kwaran ke tingkat Kwarcab Kabupaten Grobogan. “Berjumlah 30 peserta barung putra dan 35 barung putri turut merebutkan piala tergiat dan harapan. Pemilihan dari barung putra dan barung putri akan diambil juara tergiat 1, 2, 3 dan juara harapan 1,2, 3. Dari Barung tergiat 1 akan mewakili Kwaran Pulokulon ke tingkat cabang Grobogan,” tutur Supriyadi.

Marmo, S.Pd., M.M yang sekaligus bertindak sebagai pemimpin upacara menandai pembukaan dengan memotong tali pita yang dikaitkan dengan balon.

Dalam kegiatan pesta siaga kali ini, barung putra ditempatkan di Balai Desa Panunggalan, sedangkan barung putri di SDN 1 Panunggalan. Dengan riang, setiap barung didampingi oleh pembina masing-masing untuk mengikuti kegiatan di taman-taman atau pos yang disediakan oleh panitia.

--Jamilatul Istiqomah, guru SDN 2 Tuko, Pulokulon, Grobogan. Peserta Kelas Menulis Artikel (KMA) #1 Mumtaz Training Center x Forum Silaturahmi Penulis Grobogan (FSPG)