Adakan Kelas Menulis, FSPG Kembali Kepakkan Sayap Literasi Pascapandemi

Suasana Kelas Menulis Artikel yang diadakan FSPG) di Rumah Kreatif Grobogan. (Irkam Asnawi)

Setelah vakum berkegiatan akibat pandemi Covid-19, Forum Silaturahmi Penulis Grobogan (FSPG) kembali mengadakan even literasi. Kelas Menulis Artikel merupakan agenda perdana yang diadakan FSPG bekerja sama dengan Mumtaz Training Center sebagai tanda bangkitnya kembali kegiatan literasi setelah beberapa waktu vakum akibat pandemi.

Salah satu misi diadakannya kelas ini adalah mengubah mindset bahwa menulis itu dibayar, bukan membayar. Harapannya, para peserta kelas dapat benar-benar melahirkan karya tulis yang layak terbit di media cetak maupun digital.

Kelas Menulis Artikel diadakan pada Minggu (12/2/2023) bertempat di Rumah Kreatif Grobogan, Jalan D.I. Panjaitan 11, Puwodadi. Kelas menulis dimentori oleh Badiatul Muchlisin Asti atau yang akrab disapa Kang Asti, seorang penulis yang telah menulis lebih dari 60 buku best seller.

Kelas menulis yang dikuti 20 peserta dari kalangan siswa, mahasiswa, guru, dan umum itu berjalan dengan baik. Para peserta begitu antusias melaksanakan praktik menulis dengan tema pilihan masing-masing, setelah mendapatkan materi dari mentor. Materi meliputi penulisan berita, feature, artikel, dan resensi. Peserta semakin antusias ketika satu per satu tulisan mereka di-review.

Kelas menulis tatap muka ini akan dilanjutkan dengan pendampingan secara daring melalui WhatsApp Group (WAG) sampai para peserta benar-benar menghasilkan karya yang berkualitas dan layak muat di media.

 -Istikomah, sekretaris Forum Silaturahmi Penulis Grobogan (FSPG)