Dorong Tradisi Menulis di Kalangan Generasi Muda, FSPG Gelar Seminar Literasi

 

Pengurus Forum Silaturahmi Penulis Grobogan (FSPG) berpose bersama Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah (BBJT) Dr. Tirto Suwondo

Forum Silaturahmi Penulis Grobogan (FSPG) menggelar Seminar Literasi bertema “Membangun Generasi Cerdas dengan Tradisi Menulis” di aula Rumah Kedelai Grobogan (RKG) Jalan Raya Purwodadi-Solo Km. 5 Krangganharjo, Toroh pada Minggu (21/4/2019). Seminar dihadiri lebih dari seratus peserta yang sebagian besar dari kalangan guru, pelajar, dan mahasiswa.

Koordinator panitia seminar, Istikomah menyatakan, seminar diadakan dalam upaya mendorong pembudayaan tradisi menulis di kalangan generasi muda, sehingga diharapkan mereka nantinya dapat menjadi generasi penerus yang cerdas dan berkarakter di masa mendatang. 

Selain itu, seminar diadakan dalam rangka peluncuran tiga buah buku karya para penulis Grobogan. Tiga buku tersebut adalah Perjalanan Diksi (Sehimpun Puisi 2013-2018); Grobogan I’m in Love (Sehimpun Cerpen Tentang Grobogan), dan Puspawarna Gurit Pangimpen (Antologi Geguritan Penulis Grobogan).   

Acara peluncuran dirangkai dengan seminar yang menghadirkan tiga narasumber, yaitu Dr. Tirto Suwondo, M.Hum (Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah), Badiatul Muchlisin Asti (Direktur Hanum Publisher), dan Sri Penny AH (penyair dan penulis antologi puisi Perjalanan Diksi).

Seminar dimeriahkan dengan pembacaan puisi oleh Sri Penny AH dan pembacaan geguritan oleh budayawan Grobogan, Suyadi atau yang akrap disapa Mbah Raden. Acara yang juga dihadiri Kepala Balai Bahasa Kalimantan Selatan, Imam Budi Utomo itu  diharapkan menjadi ajang silaturahmi dan motivasi untuk semakin menggiatkan literasi di Kabupaten Grobogan.